CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 12 Mei 2009

Hari pertama yang mendebarkan....

Hari pertama di rumah sakit….ih serem….!!!

Senin,11 April 2009

Pagi yang cerah n,bertepatan hari ini adalah observasi untuk pertama kalinya Ners 08 di Rumah sakit Dr.Wahidin.Pukul 07.00 kami harus sudah stand by d sanah karena lebih 15 menit atau terlambat 15 menit tidak di kasi masuk lagi.Sungguh beda dari hari-hari sebelumnya karena kemarin-kemarin masih memakai pakaian bebas rapih dan hari ini semua memakai putih-putih.Warna putih menandakan kesucian hati yang akan menolong dengan sepenuh hati.Karena hari pertama…jadi jam pagi,kami belum langsung kelapangan.kami ada penerimaan terlebih dahulu dan di beri arahan-arahan sama Ners atau pembimbing kami.

Selesai pemberian arahan dan ID dibagikan masing-masing kelompok di dampingi Ners atau pembimbing sesuai dengan ruangan yang telah di tentukan dan kebetulan saya kelompok 6 dan pembimbing saya adalah NS.Yuli.Kami kelompok 6 di tempatkan di Lontara 2 khususnya bagian Digestif.Di bagian itu terdapat 30 kamar dan kebetulan kamar yang terisi ada 9 kamar,jadi kami di bagi.Masing-masing 3 orang mendaapat 2 kamar,dan saat itu saya mendapat kamar no 6 dan 7.Awalnya …saya masuk dan melihat-lihat pasien ada yang tidur,ada yang makan dan ada yang lagi bicara sama keluarganya.

Kedua kamar yang saya dapat ada yang sudah Preoperatif,dan post operatif.dkamar 6 kami sempat berbincang-bincang denga Tn.Romles Diagnosa:ca sigmoid post kemoterapiOperasi bagian perut,Kembali lagi 8 bln setelah menjalani operasi

Keadaannya sekarang satu bulan setelah operasi tinggal menunggu penyembuhan luka operasi.Dikamar 7 kami juga observasi pasien Ny.Tame waru Diagnosa:keus obstruksi

Keadaan sekarang 7 hari setelah operasi,Sering mengeluh sakit perut dan baru satu kali BAB itupun sedikit sekali dan pembuangan caiaran Drainase sebanyak 350 cc.

Setelah dari kedua ruangan tadi,temanku dari Kamar 8 memanggil untuk observasi karena kebetulan saat itu ada perawat yang akan mengganti perban jadi kami ke sana,kami ucap salam dan masuk ruangan itu,saya baru pertama kali melihat luka dekubitus asli,saat pertama membuka balutan pasiennya meringis dan saat itu saya melihat tidak ada komunikasi dari perawat yang mengganti balutan.mungkin ini yang di maksud Ners Tentang kurangnya komunikasi yang di lakukan perawat di RS.

Tidak lama memandang luka tiba-tiba saya merasa gerah,dan pengap,tapi saya masih tahan,saat ini saya lagi flu tapi masih ada bau luka yang saya cium karena pada saat itu saya tidak memakai masker.Saya sudah tidak tahan lagi,sementara Pembimbing lagi bicara sama Perawat senior saya membisik temaanku kalau” tidak enak saya rasa”kemudian keluar dari ruangan 8.Tiba-tiba ada teman yang teriak dan memanggil Pembimbing kalau ada teman yang pingsan.Saya menuju kamar itu Tapi hanya berdiri di depan pintu Tidak tau kenapa saya tidak mau masuk.Dan saaat itu pusingku bertambah,penglihatan berkunang-kunang,telinga mengi,keringat dingin,pucat,tangan kaku seperti ksmutan dan tidak bisa menggenggam.Rasanya saat itu saya mau jatuh saja,tapi saya masih tahan,saya hanya jongkok di depan pintu,tapi ada petugas yaang menyuruh saya untuk istirahat tapi saya masih bilang tidak apa-apa’padahal setengah pingsanma kurasa”.

Karena sudah tidak bisa tertahan lagi saya masuk ruangan itu ambil kursi dan duduk d samping sambil melihat teman yang di bilang pingsan dan ternyata dia tadi merasakan ada tarikan atau ada yang mendorongnya sehingga dia terjatuh,bagian alisnya berdarah karena dia terguling saat melawan,dan ternyata tadi malam kata perawat” ada pasien yang meninggal di ruang itu”,saya sudah tidak kuat lagi dan ada keluarga pasien yang menyatakan ”itu temannya pucat”saat itu pertukaran posisi,saya yang di baringkan di tempat itu.Tangan saya tambah kaku dan tidak bisa menggenggam dan saat itu dibantu oleh perawat yang bertugas,15 menit setelah baring saya sudah enakan dan pindah ke ruang istirahat petugas.

Setelah pulih kembali saya memasuki Kamar 8 lagi karena saat itu ada pasien yang baru masuk dan akan dii lakukan pemeriksaan fisik pada pasien DM,jadi teman saya memanggil trus kami ke sana semua untuk melihat,tidak lama berdiri saya mencium bau yang tidak sedap,rasa mual muncuul lagi kemudian saya keluar sebentar karena di ruangan itu sangat panas.Tidak lama setelah perasaan saya enak kembali saya masuk lagi dan memakai masker.Dan saat itu saya bisa bertahan lama.

Waktu sudah menunjukkan pukul11.30 dan itu tandanya waktu kontrak telah habis sesuai dangan janji kita sama pasien sebelumnya.Setelah keluar dari Kamar 8,kami memasuki ruang perawat sambil cerita-cerita tindakan-tindakan yang telah kami lihat tadi, sambil menunggu pukul 12.00 kami cerita-cerita sama kepala perawat di sana,dan jam sudah menunjukkan pukul 12.00 dan saat itu ada pemberian injeksi pada pasien,kami ikut untuk melihat dan ternyata beda sekali dengan yang di ajarkan kemarin dengan tindakan yang di lakukan hari ini,tapi temann saya tadi ada yang menegur cara perawat itu,mungkin dia tersinggung sampai-sampai dia mengatakan”ada yang mau injeksi”.

Setelah pemberian obat kami pulang dan di koridor saya melihat pasien baru yang di bawa,mungkin habis ke celakaan karena bagian mukanya hancur.Dan sampai pondokan kepala saya pusing,tidak tau kenapa sampai tengah malam masih sakit,tadi saya seempat mintol sama teman mengukur TD dan ternyata sangat tinggi.Mungkin karena kemarin-kemarin saya tidur siang terus dan jam 12 malam baru tidur dan setiap hari saya minum sussuh.Akh....gg tau deh mungkin kkarena hal-hal lain.!!!!

Ya Allah beriikanlah aku kesehatan untuk jalani besok dengan baik dan lancar tanpa ada kejadian seperti tadi siang,dan berilah aku kekuatan untuk jalani semua karena ini kelak jadi tugas saya....Amien...!!!!!!

0 komentar: